Selasa, 10 September 2013

Lactobacillus acidophilus

Microbio-Lab

085741862879

Jual Aneka Mikrobia

Lactobacillus acidophilus adalah bakteri dari genus Lactobacillus. Bakteri ini menyukai lingkungan asam dan berperan mengubah laktosa menjadi asam laktat. L. acidophilus umumnya tumbuh dalam kondisi pH rendah (pH 4 – 5) dan pada suhu berkisar 25-35 derajat Celcius. Banyak strain L. acidophilus merupakan probiotik alami yang berarti mereka bermanfaat bagi organisme inangnya. Bakteri ini terdapat pada organ-organ manusia dan hewan, terutama di mulut, saluran pencernaan, dan vagina. L. acidophilus membantu tubuh melawan penyebab penyakit patogen. Beberapa referensi menyebutkan bahwa L. acidophilus memproduksi laktase, vitamin K, dan zat anti-mikroba. Keberadaan L. acidophilus dalam tubuh membantu menjaga kondisi asam, sehingga mencegah infeksi mikroba.
L. acidophilus digunakan dalam produk susu serta untuk tujuan terapeutik. Produk susu yang paling sering menggunakan L. acidophilus adalah susu acidophilus manis dan yoghurt. Susu acidophilus dibuat dengan inokulasi L. acidophilus pada susu kemudian difermentasi selama satu hari. Setelah fermentasi, susu berubah menjadi dadih yang mengandung laktosa dalam jumlah minimum. Lactobacillus acidophilus juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti infeksi saluran kemih (ISK), bacterial vaginosis (BV), dan diare.
Meskipun banyak produsen mengklaim pentingnya obat L. acidophilus, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut. Efek samping yang umum dari Lactobacillus acidophilus meliputi pembengkakan, ketidaknyamanan perut, demam ringan, mual, perut kembung, dan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam kulit. Dalam kondisi tertentu, mengkonsumsi L. acidophilus malah dapat membahayakan kesehatan. Bagi yang memiliki alergi atau kondisi medis lainnya seperti kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau masalah usus tidak boleh mengkonsumsi L. Acidophilus. Wanita hamil tidak mengonsumsi produk fermentasi Lactobacillus acidophilus.


Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz