Rabu, 18 September 2013

Plate Count Agar

Mikroorganisme merupakan organisme-organisme sangat kecil yang untuk mengamatinya diperlukan alat bantu. Mikroorganisme dapat dikembangkan dan dibiakan dalam cawan petri yang telah berisi agar yang disebut media atau tempat tumbuh mikroorganisme.
Beberapa jenis mikroorganisme PCA antara lain :
1. Fungi
Fungi mempunyai bentuk uniseluler dan mempunyai silament serat yang disebut hifa atau misselia.
2. Bakteri
Bakteri umumnya berjenis prokariotik dan mempunyai bentuk uniseluler. Bakteri mempunyai struktur internal yang sangat sederhana.
3. Alga
Alga tidak mempunyai akar batang dan daun dan mempunyai bentuk uniseluler serta mempunyai filament yang mengelilinginya yang diselimuti oleh lender.
4. Kapang
Umumnya kapang berjenis eukariotik, berbentuk uniseluler dan dapat ditumbuhkan di media agar.
5. Virus
Virus memiliki 2 jenis batang yaitu batang pendek, batang panjang. Virus berbentuk bulat dan berukuran lebih kecil dari bakteri.
6. Protozoa
Protozoa bersifat mikroskopis yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu amoeba, silliata dan flagelata. Sebagian protozoa hidup sebagai satu individu dan ada pula yang hidup berkoloni.

Mikroorganisme dapat hidup dimana saja seperti air, udara, darat, termasuk di makanan. Pada beberapa kondisi, jumlah mikroorganisme harus dibatasi, seperti mikroorganisme pada saluran pembuangan limbah dan juga mikroorganisme pada makanan atau produk susu jumlahnya harus mengikuti standar-standar yang sudah ditetapkan.
Untuk menghitung jumlah mikroorganisme tersebut biasanya sample dari makanan atau produk susu atau dari air limbah tersebut di uji menggunakan media agar PCA (Plate Count Agar) dengan metode TPC (Total Plate Count).
Plate Count Agar (PCA) atau yang juga sering disebut Standard Methods Agar merupakan sebuah media pertumbuhan mikroorganisme yang umum digunakan untuk menghitung jumlah mikroorganisme total yang terdapat pada setiap sample makanan, produk susu, air limbah dan sample-sample lainnya yang biasanya menggunakan metode Total Plate Count.
Plate Count Agar (PCA) terdiri dari casein, yeast extract, dextrose dan juga agar. Komposisi PCA untuk setiap liter yaitu :
  • Casein…………………………………. 5 gram
  • Yeast extract……………………….. 2.5 gram
  • Dextrose……………………………… 1 gram
  • Agar…………………………………….. 15 gram
Penggunaan PCA sebagai media untuk menghitung jumlah total dari mikroorganisme sudah dilakukan sejak lama. Sekarang industri-industri seperti makanan, produk susu dan juga pengolahan limbah sudah menerapkan penghitungan jumlah total mikroorganisme pada sample mereka sesuai dengan standar yang ada menggunakan PCA.
Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz