Jumat, 18 Oktober 2013

Khasiat Minuman Yogurt




085741862879
Jual Aneka Starter Mikrobia Lactobacillus spp.


1. Baik untuk kesehatan usus
Yoghurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacteria, terutama acidophilus. Bakteri itu meningkatkan bakteri baik pada kolon, Sehingga akan menurunkan risiko kanker kolon. Tipikal dari semua soy yoghurt adalah mengandung bakteri hidup. Bakteri hidup ini baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan kesehatan kolon bahkan menurunkan resiko kanker kolon. Laktobakteria meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di kolon dan menurunkan konversi asam empedu menjadi asam empedu yang karsinogenik. Selain itu bakteri baik dalam yoghurt tampaknya menghentikan produk yang berbahaya sebelum menjadi karsinogenik. Dan enzim bakteri yang dihasilkan dari proses kultur yoghurt akan mencernakan protein sehingga lebih mudah diserap (Carmen dan Siagian, 2007)2. Membantu proses penyerapan nutrisi
Yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin B. Adanya asam laktat pada yoghurt akan membantu mencerna kalsium susu. Dengan begitu, kalsium akan lebih mudah diserap (Carmen dan Siagian, 2007)
 
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Penelitian yang dilakukan terhadap 68 orang yang mengonsumsi yoghurt dua cangkir per hari menunjukkan hasil yang cukup positif. Mereka ini mempunyai kadar interferon lebih tinggi, interferon adalah famili glikoprotein yang salah satu pembentukannya dapat dirangsang oleh bakteri, berfungsi sebagai imunoregulator dan mengeluarkan aktivitas antivirus. Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa yoghurt mengandung faktor yang memiliki efek antitumor (Carmen dan Siagian, 2007)
 
3. Membantu penyembuhan infeksi saluran cerna
Keberadaan virus dan gangguan saluran cerna akan membentuk luka pada lapisan usus, terutama sel-sel yang memproduksi laktase. Walau hanya sementara, anak-anak bisa mengalami intoleransi laktosa selama 1-2 bulan pasca infeksi saluran cerna. Karena mengandung sedikit laktosa dan banyak enzim laktase, yoghurt dapat memulihkan kesehatan alat cerna tersebut. Penelitian menunjukkan, yoghurt mempercepat penyembuhan diare pada anak (Carmen dan Siagian, 2007) 

4. Kaya kalsium
Dalam satu gelas yoghurt rata-rata terkandung sekitar 450 mg kalsium. Mineral ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kolon. Orang yang diet tinggi kalsium seperti di negara Skandinavia, mempunyai tingkat kejadian kanker kolorektal lebih rendah dibanding negara lain (Carmen dan Siagian, 2007)
 
5. Sumber protein.
Satu gelas yoghurt tawar mengandung 10-14 gram protein atau sekitar 20 persen dan kebutuhan protein harian. Proses fermentasi membuat protein yang ada pada yoghurt lebih mudah dicerna (Carmen dan Siagian, 2007)
 
6. Menurunkan kadar kolesterol
Para ahli memperkirakan, bakteri hidup yang ada pada yoghurt mampu berasimilasi dengan kolesterol. Bisa juga karena yoghurt mengikat asam empedu, sehingga menimbulkan efek menurunkan kolesterol (Carmen dan Siagian, 2007)
 
7. Makanan penolong.
Keberadaan protein yang mudah dicerna serta asam laktat yang meningkatkan penyerapan mineral, membuat yoghurt baik dikonsumsi oleh anak dengan gangguan penyerapan di saluran cerna. (Carmen dan Siagian, 2007)

Rating: 4.5 out of 5

1 komentar:

salim al buchori

joz

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz