Senin, 13 April 2015

Pemanfaatan Mikroba Dalam Sektor Perikanan :Bacillus subtilis, Bacillus licheniformis, Bacillus polymixa, Bacillus megaterium, Bacillus coagulans, Bacillus cereus, Bacillus alvei, Bacillus amyloliquefaciens, Bacillus brevis, Bacillus circulans, Bacillus firmus, Bacillus pumilus.



Jual Mikroba Bacillus
082227271875

Bacillus sp.
Bakteri Bacillus merupakan bakteri yang mempunyai sel berbentuk batang, mempunyai jenis sel Gram positif, dapat tumbuh baik pada kondisi aerob, dan pada spesies tertentu dapat tumbuh pada kondisi semi-anaerob. Bakteri ini kebanyakan dapat hidup pada suhu lingkungan yang panas, dan menghasilkan enzim yang mampu menguraikan bahan organik jenis karbohidrat, protein dan lemak.
Bakteri Bacillus mampu tumbuh pada konsentrai garam tinggi diatas 10 ppt, dan masih bekerja dengan baik pada fluktuasi pH antara 7,3 – 10,5. Beberapa species bahkan mampu hidup pada kondisi pH sangat tinggi hingga > 11. Ada 12 jenis spesies bakteri Bacillus yang dapat digunakan sebagai probiotik dalam bidang aquaculture. Masing-masing spesies bakteri tersebut mempunyai fungsi dan kondisi optimum dalam lingkungan nya. Spesies bakteri tersebut adalah :
Bacillus subtilis, Bacillus licheniformis, Bacillus polymixa, Bacillus megaterium, Bacillus coagulans, Bacillus cereus, Bacillus alvei, Bacillus amyloliquefaciens, Bacillus brevis, Bacillus circulans, Bacillus firmus, Bacillus pumilus.
Secara umum manfaat dari gabungan spesies Bacillus adalah sbb :
  • Menciptakan lingkungan tambak yang bersih dan sehat
  • Menguraikan bangkai plankton dan limbah pakan
  • Mempercepat proses penguraian limbah
  • Mengendalikan perkembangan bakteri vibrio merugikan
  • Menciptakan keseimbangan pH pada siang dan malam hari
  • Mengeliminasi gas-gas beracun (ammonia dan nitrit)
  • Aman dan menguntungkan bagi udang dan fitoplankton
  • Tidak meninggalkan residu antibiotik dan kimia, serta ramah lingkungan.
Selain fungsi umum tersebut, masing-masing spesies Bacillus juga memiliki fungsi yang khas sehingga sangat disarankan dalam kegiatan budidaya udang intensive.
Beberapa produk sediaan bakteri mengandung beberapa macam bakteri dengan maksud untuk mengantisipasi fluktuasi parameter kimia dilingkungan tersebut. Sehingga semakin beragam kandungan bakteri dalam suatu produk maka semakin besar kemungkinan beberapa spesies dapat bekerja optimum.

Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz