Jumat, 29 Mei 2015

Peran Aspergillus oryzae Dalam Industri Pangan



Agrotekno Lab
087731375234
Jual Bibit Aspergillus oryzae Untuk Riset

Aspergillus oryzae adalah salah satu jenis kapang yang banyak dimanfaatkan dalam industry pangan untuk memfermentasi dalam pembuatan kecap, tauco dan industri pakan ternak untuk meningkatkan kadar protein bahan.  Jenis kapang ini dapat dikembangbiakan secara mudah dengan menggunakan media PDA untuk isolasi atau pemeliharaan di Lab, dan menggunakan bahan organic seperti beras, jagung, untuk pembuatan inokulan yang siap aplikasi.
Aspergillus oryzae secara alamiah terdapat dimana-mana sebagai saprofit. Koloni yang sudah menghasilkan spora warnanya menjadi coklat kekuning-kuningan, kehijau-hijauan atau kehitam-hitaman. Jika sudah tumbuh spora, maka miselium yang semula berwarna putih tidak tampak lagi. Aspergillus Oryzae pada pertumbuhan hingga 7 hari menunjukan adanya suatu lapisan konidiofor yang panjang-panjang yang berbaur dengan miselia aerial. Kepala konidia berbentuk bulat, berwarna hijau pucat agak kekuningan, dan bila tua menjadi coklat redup. Konidiofor berwarna hialin dengan panjang 4-5mm, dan umunya berdinding kasar. Vesikula berbentuk semibulat dan berdiameter 40-80 µm. Fialid terbentuk langsung pada vesikula atau pada metula, dan ukurannya(10-15)x(3-5) µm. Metula berukuran (8-12)x(4-5) µm. Konidia terbentuk elips bila muda, kemudian menjadi bulat hingga semibulat bila berumur tua, berdiameter 4,5-8 µm, berwarna hijau, dan berdinding halus atau sedikit kasar.
Aspergillus Oryzae bersifat kosmopolit. Dapat ditemukan pada aneka substrat, terutama pada makanan fermentasi, serta pada lingkungan industri. Berdasarkan pengamatan koloni dan mikroskopis yang kami lakukan, deskripsi untuk Aspergillus Oryzae adalah sebagai berikut :
a)      Ciri-ciri morfologi
Pengamatan morfologi dilakukan pada biakan murni yang diinokulasikan pada medium PCA miring, sehingga diameter koloni tidak dapat dihitung. Koloni mempunyai sifat menyerupai serbuk, warna koloni hijau dan kuning, serta warna khas bagian dasar koloni tetap seperti medium.
b)      Ciri-ciri mikroskopis

Kapang Aspergillus Oryzae memiliki hifa yang bersekat, warnanya hijau transparan dengan diameter 2,5 µm. Konidiofor berwarna hijau transparan dengan panjang 110 µm dan diameter 10 µm, berdinding kasar. Vesikula berbentuk globose, dan berdiameter 12,5 µm. Pada pengamatan tidak ditemukan adanya metula. Konidia berbentuk globose dan berdinding kasar, berdiameter 2,5 µm, berwarna hijau transparan, tipe pertumbuhannya radiata. Fialidanya menempel pada vesikula, berbentuk ampuliformis, berwarna hijau muda, berdiameter 2,5 µm.
Rating: 4.5 out of 5

2 komentar:

harmita aprilanti

bibit aspergillus oryza nya masih ada gak ? saya perlu banget..

M Salim

masih ada,,,,Telp 087731375234

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz