Rabu, 19 Oktober 2016

Membuat Yogurt



Agrotekno Lab
087731375234
Jual Bibit Yogurt

Secara sederhana tahapan proses pembuatan beberapa jenis yogurt (plain yogurt, concentrade yogurt, frozen yogurt, drink yogurt) adalah sebagai berikut:
1)      Susu segar dipanaskan sampai suhu 85 - 90 °C. Lakukan pengadukan secara terus menerus supaya proteinnya tidak mengalami koagulasi kurang lebih 30 - 60 menit. Jika pemanasan dilakukan pada pada suhu 70 – 75 °C (pasteurisasi), maka lama pemanasan dilakukan sebanyak dua kali.
2)      Setelah dipanaskan, selanjutnya dilakukan pendinginan sampai suhunya 37- 42°C. Pendinginan tersebut dilakukan dalam wadah tertutup.
3)      Setelah suhu mencapai 37- 42 °C, lakukan inokulasi / penambahan bakteri ke dalam susu tersebut sejumlah 50 ml/liter susu. Penambahan bakteri dilakukan dengan teknik aseptic (di dekat api).
4)      Setelah ditambah bakteri, selanjutnya diinkubasi pada suhu (37-40 °C), dalam keadaan tertutup rapat selama 6-24jam.
5)      Yogurt yang kita dapatkan dari proses di atas adalah jenis yogurt plain yogurt. Supaya yogurt lebih lezat rasanya dapat ditambah dengan potongan buah – buahan yang segar, cocktail, nata de coco atau dibekukan menjadi es, dapat pula dicampur dengan berbagai buah-buahan untuk dibuat juice (minuman segar).


Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

BIO-MOCAF

BIO-MOCAF
Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Acetobacter xylinum

Acetobacter xylinum
Bibit Nata De Coco
 

Copyright © 2012. AGROTEKNO LAB - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz